Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Mengatur Pemisahan Baris dalam Tabel


  • Mencegah pemisahan isi baris dalam tabel
    Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Untuk membuat isi baris yang panjang ini tidak terpisah dan ditempatkan semuanya di halaman selanjutnya, gunakan cara berikut:
    1. Klik pada tabel.
    2. Pada Table Tools, klik Layout tab.
    3. Di Table grup, klik Properties, dan pilih Row tab.
    4. Hilangkan pilihan pada kotak Allow row to break across pages dan klik OK.

  • Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
    1. Klik pada baris yang ingin ditempatkan di halaman berikutnya.
    2. Tekan CTRL+ENTER. Cara ini disebut juga page break manual.

Cara Membuat Table Heading Berulang Pada Setiap Halaman

  1. Pilih baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
  2. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
    Catatan: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual (CTRL + ENTER) dalam tabel.
  3. Untuk menghilangkan table heading berulang: klik pada heading table di halaman pertama. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.

Mengurutkan Data pada Tabel

  1. Klik pada tabel.
  2. Pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Sort.
  3. Pada kotak dialog Sort, pilih kolom atau header kolom yang dijadikan sebagai dasar pengurutan.

Memberi Penomoran Pada Sel di Tabel

  1. Pilih sel pada tabel yang akan diberi nomor.
    Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama.
  2. Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.

Cara Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel dan Sebaliknya

  • Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel
    1. Masukkan tanda pemisah seperti koma dan tabs untuk menentukan dimana kumpulan teks ini akan dibagi menjadi kolom. Gunakan paragraf untuk menandai baris baru.
    2. Pilih kumpulan teks yang akan diubah ke bentuk tabel.
      Misalnya, kumpulan teks di bawah ini yang terdiri dari 2 paragraf akan diubah ke bentuk tabel. Pemisahnya berupa koma.
      kumpulan paragraf
    3. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table untuk menampilkan kotak dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut ini.
      Convert Text to Table
    4. Klik OK dan kumpulan teks akan menjadi seperti gambar berikut ini.
      Text to Table

    • Mengubah Tabel Menjadi Kumpulan Teks
      1. Pilih kumpulan baris atau tabel yang akan diubah menjadi paragraf.
      2. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Convert to Text.
      3. Di bagian Separate text at, pilih tanda pemisah kolom yang akan digunakan. Untuk baris akan dipisahkan menjadi paragraf.
     
sumber : http://computer1001.blogspot.com

Cara Menghapus Sel, Baris, Kolom atau Tabel


  1. Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, klik Delete.
    Delete Table
  2. Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.

Cara Menggabungkan dan Membagi Sel pada Tabel

  • Menggabungkan sel
    1. Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
  • Membagi sel
    1. Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
    3. Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
    4. Centang kotak merge cells before split, apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
      Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.


    sumber : http://computer1001.blogspot.com

Cara Format Tabel

  • Menggunakan Table Styles
    1. Klik tabel yang ingin diformat.
    2. Pada Table Tools, klik Design tab.
    3. Di Table Styles grup, tempatkan kursor di setiap style untuk melihat tampilan tabel.
      Table Styles
    4. Klik style yang ingin digunakan.
    5. Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.

  • Membuat dan Menghapus Garis Pembatas
    • Membuat Garis Pembatas
      1. Klik tabel atau bagian tabel yang ingin diberi garis pembatas.
      2. Pada Table Tools, klik Design tab.
      3. Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan pilih bentuk garis pembatas yang disediakan. Atau klik Borders and Shading, dan pada Borders tab, pilih bentuk garis pembatas yang diinginkan.
        Borders

    • Menghapus Garis Pembatas
      1. Klik tabel atau bagian tabel yang ingin dihapus garis pembatasnya.
      2. Pada Table Tools, klik Design tab.
      3. Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan klik No Border untuk menghapus pembatas tabel.
      4. Untuk menghapus bagian tertentu saja, klik tanda panah pada Borders, dan kemudian klik Borders and Shading. Pada Borders tab, di bagian preview, klik garis yang ingin dihilangkan.


      sumber :http://computer1001.blogspot.com

Cara Menambah Baris dan Kolom pada Tabel

  1. Klik pada sel yang ingin ditambahkan baris atau kolom.
  2. Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, pilih:
      Rows & Colums Group
    • Insert Above, untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel.
    • Insert Below, untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel.
    • Insert Left, untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel.
    • Insert Right , untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel.
  3. Tip: kita juga bisa menggunakan klik kanan pada sel untuk menampilkan pilihan di atas.



    sumber : http://computer1001.blogspot.com

Cara Membuat Tabel di Word 2007

    Ada beberapa cara untuk membuat tabel di Word 2007:
  • Menggunakan template
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, arahkan ke Quick Tables, dan kemudian klik template yang diinginkan.
    2. Ganti data pada template.

  • Menggunakan menu Table
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table.
    2. Di bagian Insert Table, geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom.
      Insert Table

  • Menggunakan perintah Insert Table
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
    2. Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
    3. Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.

  • Menggambar tabel
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.
    2. Pointer akan berubah menjadi pensil.
    3. Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.
    4. Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.
    5. Klik garis yang ingin dihapus.



    sumber : http://computer1001.blogspot.com

Cara membuat dan mengatur kolom tabel di MS Word

Dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan administrasi sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari tugas dengan format tabel. Dengan menggunakan tabel, akan lebih memudahkan untuk mengelola, merangkum dan menganalisa data yang ada.

Sebenarnya tabel ini dalam pengerjaannya lebih mudah menggunakan program pengolah angka yaitu MS Excel. Namun kadang kita harus menyatukan antara ketikan dengan tabel dalam lembaran kerja kita. Tak urung, kita tetap menggunakan MS Word untuk membuat tabel.Tapi jangan khawatir, di MS Word juga telah disediakan fitur untuk membuat tabel. Disini anda dapat mengatur tabel tersebut, seperti mengecilkan atau membesarkan kolom, menyatukan baris atau kolom menjadi satu, dan seterusnya.

Untuk membuat tabel, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik menu Insert
  2. Pada ribbon Tables klik Table
  3. Arahkan mouse pada kotak-kota yang muncul dan pilih berapa kotak yang diperlukan (akan terlihat preview tabel dilayar kerja MS Word) . Kotak-koak tersebut mewakili baris dan kolom.
  4. Jika sudah silahkan di klik. Maka tabel sudah dibuat.

Atau data juga dengan cara,
  1. Setelah klik pada table, pilih insert table (seperti gambar diatas)
  2. Masukkan angka jumlah kolom (number of columns) dan jumlah baris (number of rows) yang diperlukan kemudian klik OK
  3. Maka tabel sudah dibuat.
Untuk mengecilkan dan memperbesar lebar kolom dapat dilakukan dengan cara :
  1. Arahkan pointer ke garis kolom sebelah kanan yang akan diperbesar atau diperkecil sampai pointer berubah bentuk menjadi anak panah kekanan dan kekiri.
  2. Klik dan tahan mouse, kemudian geser kekiri un tuk memperkecil kolom atau geser kekanan untuk memperlebar kolom.
  3. Jika ukuran sudah sesuai dengan yang diinginkan lepas mouse

Bila anda menginginkan kolom dengan lebar yang lebih spesifik pada ukuran tertentu, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Blok kolom yang akan diatur kemudian klik kanan dan pilih table properties.

  2. Pada jendela yang muncul pilih tab column kemudian masukkan angka pada preferred width dan satuan yang dikehendaki.


  3. Jika sudah klik OK.

sumber : http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-dan-mengatur-kolom-tabel.html

Cara menambahkan gambar background di lembar kerja MS Excel 2007

Tampilan lembar kerja Ms Excel secara default adalah berwarna putih polos dengan grid pada setiap selnya. Garis grid / gridlines ini pun bisa anda hilangkan dengan cara yang ada disini. Dengan demikian tampilan lembar kerja ms excel akan benar-benar berwarna putih polos tanpa adanya garis-garis gridlines.
Untuk menambah lebih artistik dan juga menekankan tentang isi data pada ms excel tersebut, menambahkan gambar background di lembar kerja ms excel merupakan salah satu cara yang patut untuk dilakukan. Dengan tampilan yang unik, artistik, dan pas dapat membuat orang lebih tertarik untuk membaca dan memahami isi data tersebut. Untuk itu silahkan diikuti langkah-lamgkah berikut ini :
  1. Bukalah data ms excel anda
  2. Buka ribbon Page Layout kemudian Klik Background pada group menu Page setup.
  3. Pada jendela yang muncul, browse file gambar anda kemudian klik insert.
  4. Maka lembar kerja ms excel anda telah terlihat ada background gambar yang telah anda pilih.

    background gambar pada lembar kerja excel
Catatan : Agar terlihat presisi atau pas tampilan gambar background dilembar kerja, maka anda harus mengatur terlebih dahulu ukuran gambar background menggunakan program pengolah gambar seperti adobe photoshop, ms paint, dll.

Untuk menghapus background, klik delete background pada ribbon page layout. Agar pada waktu diprint background ikut tercetak, dapat anda buka caranya pada halaman ini.

Untuk menghapus background, klik delete background pada ribbon page layout. Agar pada waktu diprint background ikut tercetak, dapat anda buka caranya pada halaman ini.
sumber :http://ketikankomputer.blogspot.com/2012/05/cara-menambahkan-gambar-background-di.html

Cara merubah warna background di MS Word 2007

Secara default warna dasar (background) lembar kerja di MS Word adalah berwarna putih. Warna dasar putih ini bisa saja diganti menjadi warna merah, biru, ungu, kuning, hijau atau warna yang lain sesuai dengan kesukaan. Dengan mengganti warna dasar ini, tampilan hasil kaerjapun juga akan berubah menjadi lebih artistik. Selain dapat dirubah menjadi warna yang lain, background lembar kerja inipun dapat diubah menjadi gambar. Dengan kata lain, kita dapat merubah background MS Word menjadi gambar.



Untuk merubah background di MS Word dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Merubah warna lembar kerja menjadi warna lain.Buka program MS Word 2007
  1. Buat lembar kerja baru dengan menekan tombol Ctrl+N.
  2. Klik menu page layout
  3. Klik Page Color pada group Page Background.
  4. Pilih warna sesuai kesukaan atau yang dikehendaki.

Mengganti background menjadi gambar :
  1. Buka program MS Word 2007
  2. Buat lembar kerja baru dengan menekan tombol Ctrl+N.
  3. Klik menu page layout
  4. Klik Page Color pada group Page Background.
  5. Pilih Fill effects
  6. Pada jendela yang muncul pilih tab Picture
  7. Klik Select Picture
  8. Browse dimana letak gambar anda tersimpan Klik Open dan OK

Sekarang tampilan background MS Word anda sudah berubah warna atau menjadi gambar.
 
sumber :http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/05/cara-merubah-warna-background-di-ms.html

Cara Menulis Arab di Microsoft Word 2010

Logo MicroSoft Word 2010
Ada teman yang menanyakan ke saya bagaimana caranya membuat tulisan huruf arab di microsoft word? Nah, biar mudah jawabnya kalau ada yang tanya lagi, sekalian saya tuliskan langkah-langkahnya di blog ini. Di Artikel ini, saya juga berikan tips bagaimana menambahkan harokat fathah tegak yang tidak ada di keyboard arabic bawaan windows dengan cepat. Meskipun saya menggunakan microsoft word 2010 untuk tutorial ini, secara umum langkah-langkah di artikel ini bisa juga di terapkan di microsoft word 2003, 2007. Hanya beda di lokasi penyisipan simbol.
Menulis-Arab-dengan-On-Screen-Keyboard
Untuk bisa menulis huruf arab plus harokatnya di microsoft word caranya cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah instal Input Language Arabic Font di Windows dan Anda sudah bisa memulai mengetikkan huruf arab di ms word. Tidak hanya di MS word, tapi juga di aplikasi lainnya seperti notepad, firefox, google chrome, ms paint dll. Untuk detil caranya sebagai berikut,
A. Install Keybord Arab di windows 7
1. Klik start menu > Run > intl.cpl > OK atau start menu > control panel > Region dan Language
RUN INTL.CPL
2. Klik Tab keyboards dan language > change keyboards
Change-Keyboard
3. Klik tombol Add dan Pilih ARABIC 101 (SAUDI ARABIA) input language > OK
Pilih-Arabic-Saudi-Arabia-Font
4. Setelah Input Language Arabic terinstal (lihat gambar di bawah) > klik OK
Keyboard-Arabic-Baru
5. Untuk mengganti input bahasa di keyboard, Anda bisa melakukannya lewat language bar yang muncul di taskbar sebelah kanan.
Language-Bar di windows 7
B. Cara Mengetik di Microsofot Word 2010
1. Untuk memudahkan kita menemukan posisi huruf arab di keyboard, kita bisa gunakan bantuan keyboard virtual, On-Screen Keyboard, bawaan windows. Start Menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard. Kalau Anda sudah hafal dengan posisi huruf Arab di keyboard bisa langsung ke langkah 3.
2. Setelah On-Screen Keyboard muncul, ganti setting bahasa di language bar ke Arabic untuk memunculkan huruf arab di On-Screen Keyboard.
On-screen-Keyboard
3. Buka Microsoft Word 2010 dan set align paragraf ke right.
4. Untuk mengetikkan huruf arab Anda bisa klik via On-Screen Keyboard atau ketik dari keyboard komputer. Anda bisa menambahkan harokat setelah selesai satu kalimat atau tiap huruf langsung di beri harokat.
5. Contoh untuk mengetikkan Alhamdulillah di keyboard.
h shift+q g shift+x p shift+q l shift+x ] shift+e g shift+a g shift+` i
alhamdulillah
C. Catatan
a. Untuk menambahkan harokat fathah tegak atau kasroh tegak, kita bisa pakai symbols di ms word.
- posisikan kursor setelah huruf yang akan di beri harokat
Harokat-fathah-tegak
- Insert > Symbol > More Symbol.
- set Font : Arabic Typesetting dan Subset : Arabic
- pilih symbol fathah tegak (Character Code : 0670) > Insert.
Insert-Symbol
b. Untuk memudah kan penambahan harokat tegak selanjutnya, Anda bisa buat shortcut khusus untuk simbol tersebut.
- Insert > Symbol > More Symbol
- Pilih symbol fathah tegak (Character Code : 0670) > klik Tombol Shortkey
- Letakkan kursor di kolom press new shortcut key: dan tekan tombol kombinasi pilihan Anda, misal ALT+1.
Shortcut-Symbol
- Klik Assign > Close
- Saat ingin menambahkan harokat tegak cukup dengan tekan tombol ALT+1
c. Untuk menambahkan nomor akhir ayat
- Insert > Symbol > More Symbol
- set Font : Arabic Typesetting dan Subset : Arabic
- Pilih symbol akhir surah (Character Code : 06DD) > Insert
- Pilih symbol angka arab > insert
Akhir-Surah
PS: Langkah di bagian C. Catatan, bisa di gunakan untuk penambahan harokat atau hiasan arab yang tidak ada di arabic keyboard, seperti kasroh tegak.
Semoga bermanfaat.


sumber : http://alhakim.wordpress.com/2012/07/03/cara-menulis-arab-di-microsoft-word-2010/