Monday 17 August 2015

Mengenal Fungsi Excel


Fungsi Excel atau kita sebut Fungsi adalah formula atau rumus siap pakai untuk menyelesaikan suatu tugas perhitungan tertentu. Fungsi dibuat untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan kadang-kadang rumit. Sebagai contoh:
  1. Formula yang dibuat sendiri: =A1+A2+A3+A4+A5 dapat ditulis menggunakan fungsi =SUM(AI:A5).
  2. Formula yang dibuat sendiri: =A1*A2*A3*A4*A5 dapat dihitung menggunakan fungsi =PRODUCT(A1:A5).
  3. Formula yang dibuat sendiri =(A1+A2+A3+A4+A5)/5 dapat ditulis menggunakan fungsi =AVERAGE(A1:A5).  
Aturan Penulisan Fungsi dalam Formula
  1. Apabila suatu fungsi terletak di depan suatu formula, maka harus diawali dengan simbol = (sama dengan) sebagai syarat awal penulisan formula.
  2. Tanda kurung buka dan kurung tutup (parentheses) untuk memberitahukan Excel, di mana argumen dimulai dan diakhiri. Penulisan kurung buka dan kurung tutup tanpa diawali dan diakhiri dengan spasi.
  3. Setiap argumen dari suatu fungsi harus ditulis di antara dua tanda kurung. Argumen dapat terdiri atas bilangan, teks, nilai logika,61 array maupun referensi dan nama sel/range. Keterangan masingmasing argumen pada buku ini kami tulis di bawah masingmasing Bentuk Penulisan. Argumen selain berupa unsur-unsur di atas, juga dapat berupa hasil suatu fungsi yang lain. Penggunaan fungsi secara berganda ini juga disebut sebagai nested function. Berikut ini contohnya. Microsoft Excel dapat memuat hingga   tujuh buah fungsi berganda dalam sebuah formula.
  4. Susunan sebuah formula dapat terdiri atas paling banyak 1024 karakter (Excel 2007) dan 8,192 (Excel 2010) termasuk tanda =, nama fungsi, tanda kurung dan seluruh argumen maupun pemisah argumen dan operator-operatornya. Jika Anda perlu menuliskan karakter lebih dari batasan tersebut, maka pecahlah menjadi beberapa formula yang terletak dalam sel-sel yang berbeda, kemudian jadikan referensi pada formula lain yang Anda buat. Sebuah formula panjang dalam satu sel apabila dijadikan referensi bagi formula lain, cukup ditulis dengan menyebut alamat sel di mana formula itu berada.
  5. Excel melakukan penulisan nama formula menggunakan huruf kapital. Apabila Anda menggunakan huruf kecil, maka setelah menekan Enter, secara otomatis Excel akan mengubahnya menjadi huruf kapital. Apabila ternyata ketikan huruf kecil itu tidak dikonversi menjadi kapital, artinya Excel tidak menerima fungsi yang Anda ketikkan karena dianggap ada kesalahan ketik. Untuk itu periksa kembali pengetikan nama fungsinya.
  6. Jika Excel tidak dapat menerima formula yang Anda ketikkan dan menampilkan nilai kesalahan, maka kemungkinannya adalah: 
  • Ada tanda kurung yang tidak seimbang.
  • Ada argumen yang tidak tertulis, atau argumen kurang lengkap.
  • Penulisan argumen tidak sebagaimana yang disyaratkan oleh fungsi, misal data yang seharusnya berupa bilangan tetapi tertulis sebagai teks dan kesalahan yang sejenis.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :