Monday 17 August 2015

Menggunakan AutoComplete Formula


Hai sobat sekalian,, apa kabarnya nih.. sehat dong... sudah pada tahu belum apa itu Fitur Autocomplete. Fitur Autocomplete adalah Fitur yang memudahkan Anda untuk menggunakan formula dalam penghitungan dengan menggunakan aplikasi MS Excel.Formula ini mulai diperkenalkan sejak versi MS Excel 2007. Nah, untuk menggunakan fitur ini, gunakanlah langkah‐langkah singkat di bawah ini.
  1. Ketikkan tanda sama dengan ”=” dalam sebuah sel.
  2. Lantas ketikkan huruf pertama dari fungsi yang hendak Anda gunakan. Misalnya saja ”=d”.
  3. Setelah itu Anda akan mendapati munculnya daftar fungsi yang terdiri dari fungsi‐fungsi yang diawali dengan huruf ”d” dalam bentuk drop‐down. Bila Anda memilih atau menyorot salah satu fungsi, maka Anda akan mendapati ScreenTips. ScreenTips ini berisi keterangan mengenai kegunaan dari fungsi yang Anda sorot. Contoh tampilan daftar fungsi yang dimulai dengan huruf ”d”
  4. Selanjutnya klik‐ganda pada fungsi yang ingin Anda gunakan atau tekanlah tombol Tab.
  5. Lalu masuk komponen penghitungan untuk fungsi tersebut. Pada pengisian fungsi ini pun Anda akan mendapati ScreenTips yang berisi keterangan mengenai komponen‐komponen yang harus Anda masukkan untuk menggunakan fungsi tersebut.

Mengedit Formula
Formula yang sudah ditulis mungkin akan mengalami pengeditan apabila terjadi kondisi‐kondisi tertentu, misalnya ada perubahan di dalam worksheet, formula mengalami masalah (error), formula tidak menghasilkan output seperti yang diharapkan, dan lain sebagainya.
Berikut beberapa cara atau metode pengeditan formula:
• Klik‐ganda pada sel. Dengan mengklik langsung pada sel, Anda bisa mengedit formula langsung 
  di  dalam sel itu tanpa harus berpindah ke dalam Formula Bar. Pengeditan formula secara langsung 
  di dalam sel

TIP DAN TRIK:
Apakah cara di atas tidak bisa dilakukan di dalam Excel yang Anda miliki? Kalau begitu, tekan tombol Office dan pilihlah Options. Di dalam jendela Excel Options, klik menu Advanced yang ada di sebelah kiri. Cari pilihan Allow Editing Directly in Cells dan pastikan dalam
keadaan aktif.
• Tombol F2. Selain dengan menggunakan metode klik‐ganda, Anda juga bisa menekan tombol F2 untuk mengedit formula langsung di dalam sel. 
• Menggunakan Formula Bar. Akhirnya, metode paling “tradisional” untuk mengedit formula adalah dengan menggunakan Formula Bar. Ketik formula yang baru di dalam formula bar dan tekan tombol Enter. 

Sekian dulu tutorian dari Andi Bloger kali ini. jangan lupa komentarnya... serta beritahu teman anda tentang Blog kami. terimakasih semoga bermanfaat.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

No comments: